Menguak Perbedaan New Jupiter MX dengan Jupiter MX Lama


Tanggal 28 November 2010 Yamaha akan meluncurkan Jupiter MX terbaru, dan sepeda motor itu sempat nongol di JMCS kemarin dan gambar disamping adalah penampakanya. Namun sebelumnya mari kita telusuri perbedaan antara antara New Jupiter MX dengan Jupiter MX lama.

Seperti yang diwartakan oleh detikOto, secara keseluruhan bodinya tampak berubah. Desain headlamp lebih besar dan desain spedometer membulat berbeda dengan versi lama yang melebar.

Yamaha New Jupiter MX

 

Yamaha Jupiter MX Lama


Sayap atau fairing juga terkena imbas. Tampilannya kini terlihat lebih lebar dari yang lama. Sementara bagian buntut lebih lancip. Termasuk rumah lampu berhenti kini yang mengadopsi desian smoke lamp yang mengisyaratkan jiwa muda.

Melongok ke bagian mesin New Jupiter MX kopling. Sistem transimisi naik menjadi 5 percepatan, versi lama hanya 4 percepatan. Yamaha menyediakan 2 tipe New Jupiter MX 4 percepatan non-kopling dan 5 percepatan kopling.

Untuk New Jupiter MX 5 percepatan kopling, peningkatan gigi transmisi tersebut diklaim Yamaha diringi dengan tenaga yang jauh lebih baik. Sehingga dinilai lebih sporty.

“Dengan perubahan mesin menjadi 5 percepatan tenaganya kini lebih baik,” kata Public Relation & Corporate Communication PT Yamaha Motor Kencana Indonesia Indra Dwi Sunda di sela-sela test ride New Yamaha Jupiter MX, Kamis (25/11/2010).

Perubahan juga terjadi pada bentuk mesin. Salah satunya tali kopling Jupiter MX yang tadinya ada di bagian kanan mesin, kini pindah ke bagian kiri mesin.

Bentuk improvement lainnya yang dilakukan Yamaha adalah penambahan pengatur rantai. Dengan itu, posisi ban dan rantai lebih presisi. Komponen tersebut biasa tersematkan pada motor balap motorGP.

Mesin dihidupkan, raungan mesin New Jupiter MX 5 percepatan terdengar halus. Kondisi itu sama dengan Jupiter MX versi lama. Tarik tuas kopling dan masukan ke gigi 1. Tampilan spedometer kini 1,N,2,3,4,5.

Motor pun di arahkan ke sirkuit Sentul. Sejak gigi 1 mesin 135 cc SOHC memang lebih reponsif. Sesuai klaiman Yamaha. Gas pun dipelintir lebih dalam untuk mendapatkan kecepatan tinggi.

Hasilnya cukup menakjubkan. Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam, motor tersebut cukup dengan gigi 3.

Seterusnya detikOto cukup rileks untuk mendapat kecepatan tinggi hingga ke gigi 4 dan 5. Tidak ada gelaja yang aneh. Mesin masih normal hingga jarum spedometer menyentuh angka 115 km/jam.

Kami melahap 4 lap sirkuit Sentul. Uniknya handling New Jupiter MX cukup baik.

Kaki-kaki tergolong mumpuni meski kedua kaki-kaki mengusung suspensi model lama. Hanya saja suspensi depan terlalu empuk.

Namun pengereman motor baru ini lebih sempurna dengan sistem pengereman disc brake pada ban belakang, terlebih Yamaha telah menyematkan ban lebar 100/70/17 dengan pelek 250 pada belakang, sementara ukuran ban dan pelek depan sama dengan versi lama.

Itulah tes yang dilakukan detikOto lha kalau bro mau mencoba silahkan siapkan uangnya kemudian pergi kedieler dan beli dech…. motor ini dan bisa sepuasnya menikmati peformanya. Oya mengenai harganya seperti perkiraan semula kemungkinan perbedaanya sekitar Rp 500 ribuan. Tapi untuk kepastianya silahkan menunggu hingga hari Minggu besok. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
@Sepeda Motor Injeksi Tahun 2011 Akan Jadi Andalan Yamaha
@Yamaha Jupiter Z CW Spesial Edition Segera Meluncur
@Kejar-kejaran MegaPro dan Byson
@Penjualan Yamaha Melesat 50,97 Persen
@Yamaha Lexam Tidak Jadi Meluncur Tahun Ini

Iklan

Perihal Cak Pur
Hanya ingin berbagi sesuatu, silahkan dinikmati semoga bermanfaat. Blognya Cak Pur : Tulisan Terpanas : Otomotif Plus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: